Kamis, 29 Oktober 2009

WELCOME MIDTEST!!

Guys, moment yang anda semua nantikan itu akhirnya akan datang juga. Selama 3 minggu semua mahasiswa UG secara serempak akan bersenang-senang mengerjakan soal-soal Ujian Tengah Semester. Hmm seperti pesta rakyat di PEMILU ya…UTS itu harusnya jadi pestanya mahasiswa.
Coba anda intip dulu kalender akademik PTA 2009/2010. Yup, UTS hari pertama dimulai pada hari Rabu, tanggal 25 November 2009. Tengoklah mading paling lama seminggu sebelum UTS dilaksanakan. Baca dan perhatikan dengan seksama, kemudian catat jadwal UTS kelas anda. Jangan sampai keliru ya!
Bagi mahasiswa semester pertama, anda tidak perlu bingung. Ada hal yang harus anda ingat sampai semester akhir nanti, yaitu shift atau pembagian waktu ujian dan peraturan pelaksanaan ujian. Meskipun kelihatannya sepele, tapi bisa berakibat fatal jika diabaikan. Apa itu? MENGULANG! Hiy…

1. Acara UTS secara umum dilaksanakan pada hari Senin sampai Sabtu.

a. Senin, Selasa, Rabu, Kamis : biasanya waktu ujian terbagi menjadi 4 shift.
- Shift 1 : 08.30 – 10.00
- Shift 2 : 10.30 – 12.00
- Shift 3 : 13.00 – 14.30
- Shift 4 : 15.00 – 16.30

b. Jumat : waktu ujian terbagi menjadi 3 shift.
- Shift 1 : 08.30 – 10.00
- Shift 2 : 13.30 – 15.00
- Shift 3 : 15.30 – 17.00

c. Sabtu: waktu ujian terbagi menjadi 3 shift.
- Shift 1 : 08.30 – 10.00
- Shift 2 : 10.30 – 12.00
- Shift 3 : 13.00 – 14.30

2. Tentunya anda harus menyesuaikan dengan jadwal UTS kelas anda ya…

3. Biasanya dalam 1 hari terdapat 1 kali ujian, tetapi tidak menutup kemungkinan dalam sehari anda dijadwalkan untuk dua mata kuliah. Belum pernah terjadi ada tiga mata kuliah yang diujikan dalam 1 hari.

4. Bagaimana dengan jadwal ujian yang bentrok?
Ini biasanya terjadi apabila anda sudah melewati 2 semester dan mengulang. Jangan khawatir, sebelum ujian, hendaknya anda menghubungi koordinator ruang ujian anda dengan membawa syarat-syarat administratif. Seharusnya sih bagian BAAK sudah mendapat informasi mengenai hal ini agar mudah berkoordinasi dengan koordinator ruang ujian.

5. Cek Tempat ujian anda.
Apakah di kampus D,E,G? ini wajib bagi mahasiswa yang berkuliah di Depok dan Salemba.
Cek ruangan ujian dan nama anda pada daftar absensi yang ditempelkan di pintu masuk ruang ujian. Masuklah tepat waktu dan patuhi aturan ujian. Biarkan daftar absensi tsb menempel di pintu, karena bukan souvenir yang bisa dibawa pulang.

6. Bagaimana jika nama anda tidak terdaftar pada absensi tersebut? Laporkan hal ini kepada koordinator ruang ujian dimana anda seharusnya ujian dengan membawa syarat-syarat administratif.

Syarat administratif yang harus dibawa:
1. Kartu Rencana Studi (KRS) untuk semester yang bersangkutan. KRS semester lain tidak berlaku.
2. KTM, just in case…
Bagaimana kalau KRS hilang/lupa membawa dsb pada hari H? Masuklah dahulu ke ruang ujian anda. Setelah itu anda minta izin kepada pengawas dengan sopan untuk menghadap ke Koordinator ujian dengan membawa KTM. Utarakan problem anda kepada Koordinator ujian dengan sopan & santun dan mintalah surat keterangan (untuk izin masuk ujian) yang ditandatangani koordinator.

Kelengkapan Ujian dan Dress Code:
1. Alat tulis pastinya!
Pulpen dan tip-x yang terpenting. Tapi untuk jurusan tertentu, dibutuhkan pinsil, penghapus, peraut, penggaris, dsb. But, just in case,…bawa sajalah! Coz dilarang pinjam meminjam selama ujian.

2. Kalkulator.
Meskipun penggunaannya tergantung pada “Petunjuk Pengerjaan Ujian” yang ada di lembar soal UTS, tapi tidak ada salahnya membawa. Just in case… dosen lupa memberitahukan tetapi diperbolehkan penggunaannya.

3. Pakai sepatu tertutup, guys!
Girls, leave your sandals out of your life for a moment! I mean it! Benar-benar tertutup, guys! Jangan tersinggung ya kalau sampai diusir pengawas dan koordinator karena menggunakan sepatu yang bolong sedikit di bagian tertentu. Beruntung kalau anda diizinkan untuk mengganti dengan sepatu tertutup dan boleh ujian.

4. Dress code tidak ada yang spesifik. Yang terpenting adalah sopan dan rapi. Boleh menggunakan jeans dan kaos. But,…tinggalkan dulu jeans belel bolong-bolong, robek-robek fave- kamu, ok! Atau risikonya diusir untuk mengganti dengan celana layak pakai.

5. Apabila anda kedapatan melanggar dan diminta oleh pengawas ke ruangan koordinator,…segeralah menghadap dengan berperilaku dan bertutur yang sopan dan santun.

6. Boleh juga membawa literatur yang menjadi referensi mata kuliah yang diujikan atau fotokopiannya. In case tiba-tiba Open Book tanpa info sebelumnya.


RULES
1. Masuk pada jam ujian yang telah ditentukan. Batas toleransi keterlambatan hanya 30 menit dari waktu dimulainya ujian. Waktu yang berlaku sesuai dengan jam sekdos.
2. Dilarang bekerja sama, mencontek atau melakukan kecurangan dalam bentuk apapun.
3. Menandatangani absensi ujian.
4. Patuhi dress code dan syarat kelengkapan administratif.
5. Tidak ada penambahan waktu bagi yang terlambat
6. Tidak tertulis tapi merupakan norma: “Sopan-santun”!
7. Dilarang keluar ruangan pada saat ujian sudah dimulai.
8. Dilarang menggunakan HP untuk keperluan apapun! Matikan HP dan simpan di dalam tas.
9. Simpan headset anda di dalam tas.
10. Peserta ujian hanya boleh meninggalkan ruangan setelah 30 menit ujian dan mengumpulkan lembar jawabannya kepada pengawas.
11. Lembar jawaban yang sudah dikumpulkan dilarang untuk diminta kembali.
12. Peserta yang sudah selesai ujian, harus segera meninggalkan ruangan ujian dan lokasi ujian sejauh-jauhnya tanpa ada suara apapun agar tidak mengganggu peserta yang lain.
13. Hal-hal lain yang diatur di lembar pengumuman.

Apa yang sebaiknya anda lakukan?
1. Datanglah lebih awal meskipun jadwal ujian anda shift ketiga atau keempat!
Coz we don’t know what would happen, right? Mogok? KRL terlambat? Hujan deras, badai? Banjir? Macet?
2. Lakukan persiapan ujian dengan matang. Baik persiapan materi ujian, berbagai kelengkapan, dress code, persiapan fisik dan mental, dsb.
3. No smoking in campus area! Please! Jangan buang sampah sembarangan juga ya…
4. Baca peraturan ujian yang ditempel di pintu ruangan dan patuhi.
5. Cari nama anda pada daftar absensi yang ditempel di pintu ruangan ujian.
6. Jika bel sudah berbunyi dan pengawas membukakan pintu, segera masuk dengan tertib.
7. Jangan bersuara jika sudah memasuki ruangan ujian dan duduk berdasarkan aturan pengawas.
8. Baca petunjuk pengerjaan soal dan periksa jumlah soal. Patuhilah.
9. Jangan melakukan gerakan yang mencurigakan (misalnya melirik lembar jawaban teman anda,…it’s dangerous! caution: juling!)
10. Kerjakan soal dengan PD, konsentrasi penuh, tenang dan tertib.
11. Kumpulkan lembar jawaban pada pengawas dengan mengeceknya terlebih dahulu.
12. Jangan mengerumuni area di dekat ruangan ujian. Apalagi sampai menimbulkan suara gaduh.
Good Luck, guys!

1 komentar: